Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan


VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

 

Visi

Pada tahun 2030 menjadi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang menghasilkan Lulusan yang Inovatif, Unggul dan berkarakter dalam mengembangkan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berlandaskan IPTEK, nilai-nilai Pancasila dan Islami.

Misi

Misi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP UNIGHA adalah sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang inovatif dan berkarakter di bidang PPKn berlandaskan IPTEK, nilai-nilai Pancasila dan islami.
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang PPKn yang inovatif berlandaskan IPTEK dan nilai-nilai Pancasila.
  3. Menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat dibidang PPKn yang inovatif berlandaskan IPTEK dan nilai-nilai Pancasila.
  4. Melaksanakan kegiatan kerjasama dengan berbagai pihak untuk pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi.
  5. Menyelenggarakan manajemen program studi yang professional dan berlandaskan nilai-nilai Pancasila

Tujuan                                             

Menghasilkan lulusan yang Inovatif, unggul dan berkarakter di bidang PPKn berlandaskan IPTEK, nilai-nilai Pancasila dan Islami.

  1. Menghasilkan penelitian yang Inovatif di bidang PPKn berlandaskan IPTEK, nilai-nilai Pancasila dan Islami.
  2. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif di bidang PPKn berlandaskan IPTEK, nilai-nilai Pancasila dan Islami.
  3. Menghasilkan kerjasama untuk mengembangkan Tridharma Perguruan Tinggi di bidang PPKn berlandaskan IPTEK, nilai-nilai Pancasila dan Islami.
  4. Mengembangkan sistem manajemen program studi PPKn yang efektif dan efisien.

Strategi Pencapaian Tujuan PS

  1. Berupaya mencapai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00, serta meningkatkan prestasi mahasiswa dalam penalaran dan bakat/minat di tingkat nasional dan internasional. Fokus pada menghasilkan lulusan yang cepat terserap di pasar kerja atau menjadi wirausahawan dengan masa tunggu maksimal 6 bulan setelah lulus. Mengembangkan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan masyarakat melalui peningkatan pembelajaran berpusat pada mahasiswa, penilaian otentik, penyediaan fasilitas yang memadai, serta kegiatan kemahasiswaan.
  2. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dosen yang didanai oleh hibah kompetisi nasional dengan melibatkan mahasiswa. Fokus pada peningkatan perolehan hak paten/HAKI untuk karya ilmiah serta pengembangan roadmap penelitian.
  3. Meningkatkan kuantitas dan kualitas pengabdian dosen yang didanai oleh hibah kompetisi nasional dengan melibatkan mahasiswa. Meningkatkan perolehan hak paten/HAKI untuk karya ilmiah terkait pengabdian serta mengembangkan roadmap pengabdian.
  4. Menyusun dan menerapkan tata kelola serta tata pamong yang akuntabel, transparan, kredibel, adil, dan bertanggung jawab.