Pendidikan Matematika


Ketua Program Studi : Muhsin, M.Pd.

Akreditasi B
Status Prodi Aktif
Perguruan Tinggi Universitas Jabal Ghafur
Kode Program Studi 84202
Nama Program Studi Pendidikan Matematika
Jenjang S1
Tanggal Berdiri 21 Agustus 1982
SK Penyelenggaraan 15253/D/T/K-I/2013
Tanggal SK
Email [email protected]
Website fkip.unigha.ac.id
Deskripsi

Pada tanggal 02 september 1982, Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jabal Ghafur didirikan dengan nama Jurusan Matematika Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Sigli. Realisasi Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor 0607/0/1984, tertanggal 29 November 1984 FKIP membawahi beberapa jurusan diantaranya adalah jurusan MIPA dengan tiga Program Studi (Prodi), masing-masing Prodi Matematika, Fisika dan Biologi dan satu Program D3 yaitu Pendidikan Kimia. Namun dalam perjalanan selanjutnya Program Pendidikan D3 Kimia tidak lagi menerima mahasiswa karena untuk menjadi guru di Sekolah Lanjutan minimal berijazah Sarjana.

Ketua Prodi Pendidikan Matematika yang pertama di jabat oleh Drs. Syahidin Hakim. Sejak tahun 1989 Prodi Pendidikan Matematika sudah memiliki satu orang dosen tetap dari Kopertis Wilayah I Medan yaitu Drs. Amiruddin T, dan pada tahun 1990 bertambah satu orang lagi yaitu Drs. Bansu I Ansari yang merupakan Alumnus pertama Prodi Pendidikan Matematika UNIGHA. Perkembangan selanjutnya Prodi Pendidikan Matematika mendapat jatah dua orang lagi dosen Kopertis masing-masing Drs. Buyung dan Junaidi, S. Si.

Sama halnya dengan Prodi-Prodi lainnya dari berbagai Universitas, Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNIGHA juga pernah mengalami pasang surut dalam menata kemajuan. Semenjak pertama didirikan jumlah mahasiswa tergolong banyak, selanjutnya akibat konflik sosial yang berkepanjangan melanda Aceh, calon mahasiswapun menjadi berkurang hingga akhirnya pasca penandatanganan MoU Helsinki minat calon mahasiswa yang masuk ke Prodi Matematika semakin meningkat. Bahkan pasca Tsunami Universitas Jabal Ghafur dan Prodi Pendidikan Matematika khususnya menjadi pilihan utama bagi calon mahasiswa yang berasal dari seluruh daerah di Kabupaten Pidie.

Namun dalam perjalan menuju puncak, Prodi Pendidikan Matematika, tak dapat melupakan berbagai jasa tenaga para pengajar Luar Biasa dari FKIP Unsyiah Banda Aceh yang sejak pertama didirikan telah bersusah payah dengan kerelaan hati untuk menyumbangkan tenaga, pikiran dan dharma baktinya kepada Prodi Pendidikan Matematika. Adapun nama-nama tenaga pengajar luar biasa tersebut antara lain: Drs. Syahidin Hakim, Drs. A. Jalil Siregar, Drs, Aziz Yusuf, Drs. Adnan Ismail, Drs. Yasin Bale, Drs. Hasan Munir, dll.

Setelah lima tahun berdirinya jurusan Pendidikan Matematika baru dapat menghasilkan kelulusan sarjana yang pertama atas nama Drs. Bansu I Ansari, Drs. Armia Jawahir, Drs. Sonem Adiwijaya, Drs. Nurdin Hasyem, Drs. Sayuti, Drs. Zulfikar, Dra. Cut Aminah, Dra. Halimahtussakdiah, Drs. Jailani.

Kompetensi Program Studi
  • Kompetensi yang bermuara kepada pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial, sebagai agen pembelajar matematika di sekolah,
  • Memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk mengembangkan pendidikan matematika melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Memiliki pengetahuan dasar matematika yang cukup untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.