Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Ketua Program Studi : Nurlaili, S.Pd., M.Pd.

Akreditasi Ter-Akreditasi
Status Prodi Aktif
Perguruan Tinggi Universitas Jabal Ghafur
Kode Program Studi 88201
Nama Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Jenjang S1
Tanggal Berdiri 21 Agustus 1985
SK Penyelenggaraan 15259/D/T/K-I/2013
Tanggal SK
Email [email protected]
Website fkip.unigha.ac.id
Deskripsi

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan program studi pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang berdiri pada tanggal 9 januari 1987 berdasarkan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 031/0/1987. Penyusunan visi, misi, dan tujuan program studi sejalan dengan visi, misi, dan tujuan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Universitas Jabal Ghafur.

Untuk pencapain visi, misi dan tujuan program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia maka pelaksanaan kegiatan akademik maupun nonakademik dilaksanakan sesuai dengan program kerja yang telah ditetapkan.Dalam pengembangan program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mengalami berbagai perubahan dan selalu dituntut untuk melakukan perbaikan sehingga mendapatkan nilai akreditasi yang maksimal. Saat ini program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia memperoleh peringkat akreditasi C. Dengan adanya perkembangan jaman untuk peningkatan peringkat akreditasi yang lebih baik maka, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) telah melakukan upaya perbaikan dengan menetapkan sasaran dan strategi pencapain

Kompetensi Program Studi

Strategi Pencapaian Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

  1. Meningkatkan kualifikasi akademik dosen kejenjang S3
  2. Pendampingan terhadap beasiswa untuk dosen yang akan studi lanjut
  3. Meningkatkan kualitas dosen dibidang tri dharma perguruan tinggi
  4. Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kinerja dosen secara rutin
  5. Melakukan perbaikan kurikulum
  6. Melakukan monitoring evaluasi terhadap silabus dan perangkat pembelajaran secara rutin
  7. Meningkatkan kompetensi lulusan
  8. Meningkatkan prestasi mahasiswa
  9. Melakukan studi pelacakan terhadap alumni
  10. Meningkatkan sarana dan prasarana sebagai penunjang tri dharma perguruan tinggi
  11. Peningkatan hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat skala nasional maupun internasional
  12. Pendampingan dan pemberian hibah penulisan publikasi
  13. Pendampingan perolehan HaKI terhadap produk penelitian terhadap masyarakat
  14. Peningkatan jumlah kerja sama dengan lembaga lain baik nasional maupun internasional
  15. Meningkatkan pertemuan ilmiah berskala nasional maupun internasional
  16. Meningkatkan kualitas kerja tenaga kependidikan
  17. Mengoptimalkan penjaminan mutu fakultas dan program studi