Pendidikan Fisika


Visi, Misi dan Tujuan

 

Visi :

Menjadi Program Studi Pendidikan Fisika Sebagai Pusat Riset dan Inovasi Berbasis Digital yang Menghasilkan Lulusan Berkompetensi Tinggi, Berlandaskan Iman dan Taqwa, serta Mampu Bersaing di Tingkat Nasional dan Internasional pada tahun 2030.

Misi :

Misi Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UNIGHA adalah sebagai berikut :

  1. Mengintegrasikan teknologi digital dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan inovasi dalam bidang fisika. Menyediakan lingkungan akademik yang mendukung penelitian dan pengembangan teknologi pendidikan.
  2. Menyusun kurikulum yang adaptif dan relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk bersaing di tingkat nasional dan internasional.
  3. Mendorong pengembangan karakter mahasiswa yang berlandaskan iman dan taqwa. Mengintegrasikan nilai-nilai moral dan etika dalam setiap aspek pendidikan dan kehidupan kampus.
  4. Menjalin kemitraan dengan institusi pendidikan, industri, dan lembaga riset baik di dalam maupun luar negeri. Meningkatkan kesempatan bagi mahasiswa dan staf untuk berpartisipasi dalam program pertukaran, magang, dan penelitian kolaboratif.
  5. Menyediakan fasilitas dan dukungan bagi dosen dan mahasiswa untuk melakukan penelitian yang inovatif dan berdampak , Mengarahkan hasil penelitian untuk mendukung pengembangan teori dan praktik pendidikan fisika yang lebih efektif.
  6. Mengimplementasikan teknologi terbaru dalam metode pengajaran dan evaluasi. Meningkatkan aksesibilitas dan kualitas pembelajaran melalui platform digital dan sumber daya online.
  7. Melakukan pelatihan dan pengembangan profesional berkelanjutan bagi dosen dan staf pendukung, Mendorong partisipasi dalam seminar, konferensi, dan publikasi ilmiah untuk memperluas wawasan dan jaringan Akademik.

Tujuan :

Sehubungan dengan Visi dan Misi seperti yang tersebut diatas, Program Studi Pendidikan Fisika bertujuan untuk :

  1. Mencetak lulusan yang memiliki pemahaman mendalam tentang konsep-konsep fisika, keterampilan pedagogis yang efektif, serta mampu menerapkan teknologi digital dalam proses pembelajaran.
  2. Memfasilitasi penelitian yang berfokus pada pengembangan metode pembelajaran inovatif dan penggunaan teknologi digital dalam pendidikan fisika, serta mempublikasikan hasil penelitian tersebut di jurnal-jurnal ilmiah bereputasi.
  3. Mengembangkan sikap profesionalisme dan etika yang tinggi pada mahasiswa, serta menanamkan nilai-nilai iman dan taqwa sebagai dasar dalam menjalankan profesi sebagai pendidik.
  4. Memberikan pelatihan dan pengembangan berkelanjutan bagi dosen untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan kemampuan riset, serta mendukung partisipasi dalam kegiatan akademik tingkat nasional dan internasional.
  5. Membangun dan memperluas kerjasama dengan institusi pendidikan, lembaga riset, dan industri baik di dalam maupun luar negeri untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan riset serta membuka peluang kerja bagi lulusan.
  6. Menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, kondusif, dan adaptif terhadap perkembangan teknologi dan perubahan kurikulum, guna mendukung proses pembelajaran yang optimal bagi semua mahasiswa.
  7. Menyediakan fasilitas yang memadai dan akses terhadap sumber daya digital yang mutakhir untuk mendukung proses pembelajaran, praktikum, dan penelitian bagi mahasiswa dan dosen.