Ketua Program Studi : Ervina Dewi, S.Si., M.Pd.
Akreditasi |
B |
Status Prodi |
Aktif |
Perguruan Tinggi |
Universitas Jabal Ghafur |
Kode Program Studi |
84205 |
Nama Program Studi |
Pendidikan Biologi |
Jenjang |
S1 |
Tanggal Berdiri |
21 Agustus 1997 |
SK Penyelenggaraan |
15255/D/T/K-I/2013 |
Tanggal SK |
– |
Email |
unigha@unigha.ac.id |
Website |
fkip.unigha.ac.id |
Deskripsi |
Program studi Pendidikan Biologi merupakan salah satu program studi yang terdapat pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universtas Jabal Ghafur. Berdiri pada tanggal 9 Januari 1987 berdasarkan SK pendirian no. 031/0/1987. Profil lulusan program studi pendidikan biologi menjadi guru mata pelajaran biologi pada sekolah menengah. Memiliki mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya yang diseleksi secara terpusat oleh panitia pelaksana Universitas Jabal Ghafur. Terdiri dari 7 orang dosen yang berkualifikasi S2 dan S3 dengan bidang ilmu pendidikan biologi. Program studi Pendidikan Biologi telah mendapatkan peringkat akreditasi B berdasarkan SK BAN PT dengan No: 3007/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/V/2020. |
Kompetensi Program Studi |
Kompetensi Utama Lulusan Program Studi Pendidikan Biologi
A. Kompetensi Kepribadian
- Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia.
- Menunjukkan etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi seorang guru pendidikan biologi dan memiliki rasa percaya diri.
- Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi masyarakat.
- Menjunjung tinggi kode etik ilmiah dalam lingkup kerja.
B. Kompetensi sosial
- Menghargai keberagaman agama, suku, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi.
- Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
- Menjaga kesehatan dan keamanan diri serta kebersihan lingkungan.
- Berkomunikasi lisan dan tulisan secara ilmiah, efektif, santun dan bertanggung jawab.
C. Kompetensi Keahlian
- Menguasai karakteristik bidang ilmu pendidikan biologi dan aplikasinya sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Menguasai metode ilmiah dalam bidang pembelajaran biologi dan aplikasinya dalam bentuk keterlibatan secara aktif dalam penelitian dan publikasi.
- Menerapkan keilmuan dalam bidang pendidikan biologi serta aplikasinya untuk diterapkan secara aktif dan bertanggung jawab demi kebutuhan meningkatkan kualitas pembelajaran
D. Kompetensi Profesional
- Menunjukkan kemampuan menganalisis konsep-konsep, hukum-hukum dan teori-teori ilmu pendidikan biologi serta penerapannya secara fleksibel dan bertanggung jawab.
- Menunjukkan kemampuan menganalisis proses berpikir dalam keilmuan pendidikan biologi dalam menerapkan kurikulum secara luas
- Terampil medesain pembelajaran biologi sesuai tingkat kebutuhan sekolah
- Terampil memanfaatkan teknologi digital untuk menunjangkan pembelajaran biologi berbasis revolusi 4.0
- Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam penerapan pengembangan bidang ilmu biologi dan ilmu-ilmu yang terkait.
- Menunjukkan kemampuan penelitian dalam pembelajaran pendidikan biologi untuk keperluan pengembangan pembelajaran pendidikan biologi dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
- Menunjukkan kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tertulis dalam pengembangan ilmu pendidikan biologi dan penerapannya.
- Menunjukkan kemampuan penguasaan pengembangan ilmu biologi dan terapannya yang diakui secara nasional dan internasional.
- Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri dalam pengembangan pembelajaran Biologi
E. Kompetensi Pendukung Lulusan Program Studi Pendidikan Biologi
Mahasiswa memiliki pemahaman materi yang dapat menunjang pengembangan diri dan kepentingan untuk melanjutkan studi.
F. Kompetensi lain Lulusan Program Studi Pendidikan Biologi
Mahasiswa mampu mengembangkan keterampilan yang dapat dialihkan ke wirausaha.
|
|
|